Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM

Kabupaten Semarang

>>DENGAN INTEGRITAS PERSONAL KITA CIPTAKAN LAYANAN KEPEGAWAIAN TEPAT WAKTU<<

KEPALA BKPSDM
 


Dr. PARTONO, S.H, M.M
NIP 
196602221992031007
Pembina Utama Muda (IV/c)

 

PENGUMUMAN

MUTASI PEGAWAI DALAM SATU PERANGKAT DAERAH
 

PANDUAN APLIKASI SIHARKA (PEGAWAI)
 

Klik Menu "Info Kepegawaian" di atas untuk melihat UU, PP, PerBup di Bidang Kepegawaian

MEKLAP DATA PEGAWAI

 

Download PEDOMAN
e-PERSONAL

 

Download  PEDOMAN
e-FILE


Download PEDOMAN e-MUTASI

Download PEDOMAN e-KGB

 

 

WEBSITE TERKAIT

Statistik Pengunjung

1199975
TodayToday1193
YesterdayYesterday1879
This_WeekThis_Week4894
This_MonthThis_Month34110
All_DaysAll_Days1199975

Sub Bidang Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai mempunyai tugas Melaksanakan sebagian tugas Bidang Pembinaan Pegawai dan Pengembangan Kepegawaian.

 Sub Bidang Pembinaan dan kesejahteraan Pegawai Melayani :

 

1.  Pengurusan Kartu Suami /Istri

      Karis / Karsu merupakan kartu identitas isteri / suami Pegawai Negeri Sipil
      Dasar Penetapan Karis / Karsu: Keputusan BAKN Nomor 1158a Tahun 1983
      Fungsi Karis / Karsu :
      a. Sebagai bukti pendaftaran isteri / suami sah PNS
      b. Sebagai lampiran surat pengantar permohonan pensiun, janda / duda
      c. Untuk tertib administrasi kepegawaian


      SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARIS/KARSU:
      1. Laporan Perkawinan masing-masing rangkap 3 (tiga) diketahui Atasan Langsung
      2. Salinan Surat Nikah/Akta Perkawinan rangkap 3 (tiga) diketahui Atasan Langsung
      3. Pas foto hitam putih suami dan istri ukuran 3 x 4 masing-masing 4 (empat) lembar
      4. SK CPNS 3 (tiga) lembar5. SK PNS 3 (tiga) lembar

      Keterangan :
      1. Untuk perkawinan setelah April 1983 menggunakan Blanko Laporan Perkawinan Pertama
      2. Untuk perkawinan sebelum April 1983 menggunakan Blanko Daftar Keluarga Pegawai Negeri Sipil
      Download :syarat_karis-karsu.doc


      SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARIS/KARSU PENGGANTI:
      1. Laporan Perkawinan masing-masing rangkap 3 (tiga) diketahui Atasan Langsung
      2. Salinan Surat Nikah/Akta Perkawinan rangkap 3 (tiga) diketahui Atasan Langsung
      3. Pas foto hitam putih suami dan istri ukuran 3 x 4 masing-masing 4 (empat) lembar
      4. Laporan kehilangan Karis/Karsu dari kepolisian asli dan foto kopi masing-masing 3 (tiga) lembar
      5. Permohonan penggantian Karis/Karsu dari Atasan PNS yang bersangkutan

      Keterangan :
      Bagi PNS yang mengajukan Karis/Karsu untuk perkawinan kedua, ditambah lampiran :
      1. Laporan Perkawinan Kedua
      2. Surat Keputusan Pengadilan
      3. Surat Cerai
      Download :syarat_karis_karsu_pengganti.doc

 


2.  Pengurusan Kartu Pegawai

       Karpeg adalah kartu identitas Pegawai Negeri Sipil.
       Berfungsi sebagai kelengkapan administrasi kepegawaian.
       Dasar Penetapan KARPEG : Keputusan Ka.  BAKN Nomor: 01./KEP/1994 Tanggal 07 Januari 1994


       SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARPEG  BARU :
       1. Foto kopi sah SK CPNS 3 (tiga) lembar
       2. Foto kopi sah SK PNS 3 (tiga) lembar
       3. Foto kopi sah SK STTPL 3 (tiga) lembar
       4. Pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar
       Download :syarat_kartu_pegawai_karpeg.docx


       SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARPEG PENGGANTI :
       1. Foto kopi sah SK CPNS 3 (tiga) lembar
       2. Foto kopi sah SK PNS 3 (tiga) lembar
       3. Foto kopi sah SK STTPL 3 (tiga) lembar
       4. Pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar
       5. Lembar asli dan foto kopi sah Laporan Kehilangan dari Kepolisian 3 (tiga) lembar
       6. Laporan Kehilangan Karpeg kepada Atasan PNS yang bersangkutan diketahui Atasan Langsungnya
           3 (tiga) lembar
       7. Permohonan penggantian Karpeg dari Atasan PNS yang bersangkutan 3 (tiga) lembar
       8. Foto kopi Karpeg
       Download : Syarat_pengajuan_karpeg_pengganti.docx

 

3.  Pengurusan Kartu Taspen

      SYARAT-SYARAT PENGAJUAN KARTU TASPEN :
      1. Foto  Copy  sah SK CPNS rangkap 2 ( dua )
      2. Foto  Copy  sah SK PNS  rangkap 2 ( dua )
      3. Foto  Copy  sah SK KP terakhir rangkap  2 ( dua )
      4. Foto  Copy  sah SK KGB terakhir rangkap 2 ( dua )
      5. Foto  Copy  sah SPMT rangkap 2 ( dua )
      6. Foto  Copy  sah  Daftar Gaji terakhir rangkap 2 ( dua)
      Download : Syarat_kartu_taspen.docx


4.  Pengurusan BAPERTARUM-PNS

        PERSYARATAN PENGEMBALIAN TAPERUM PNS PENSIUN/BERHENTI
       1. Mengisi formulir pengembalian Taperum PNS rangkap 4 (asli bermaterai Rp 6.000,-)
       2. Mengisi Surat Pernyataan belum pernah menerima bantuan dari BAPERTARUM-PNS, baik berupa
           uang muka KPR maupun bantuan sebagian biaya membangun rumah di atas tanah sendiri (4)
       3. Melampirkan dokumen pendukung :
                a. Foto kopi Kartu Pegawai dilegalisir .(4)
                b. Foto kopi KTP (4)
                c . Foto kopi SK Pensiun (4)
                d. Foto kopi SK Golongan TMT 1 Januari 1993 (4)
                e. Foto kopi SK terakhir Kenaikan Golongan (4)
                f.  Foto kopi Surat Keterangan Kematian (4), jika PNS meninggal dunia
                g. Surat Keterangan Hak Waris yang telah disyahkan oleh Camat setempat (4), jika PNS
                    meninggal dunia

             Download : PERSYARATAN_PENGEMBALIAN_TAPERUM_PNS_PENSIUN.doc

                             FORMULIR_PENGEMBALIAN_TAPERUM.doc

 


5.  Pengurusan Ijin Perceraian

        Syarat Pengajuan Ijin Perceraian :
        1. Permohonan dari yang bersangkutan
        2. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari SKPD
        3. Fotocopy SK Pangkat Terakhir
        4. Fotocopy Surat Nikah
        5. Surat Keterangan dari Kelurahan yang diketahui Kecamatan

        Syarat Pengajuan Surat Keterangan untuk melakukan Perceraian :
        1. Permohonan dari yang bersangkutan
        2. Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari SKPD
        3. Fotocopy SK Pangkat Terakhir
        4. Fotocopy Surat Nikah
        5. Fotocopy Surat Panggilan dari Pengadilan
                    Download : Syarat_Pengajuan_Ijin_Perceraian.docx


           

6.  Pengurusan Bantuan Biaya Pemakaman

       Syarat-syarat Pengajuan Bantuan Biaya Pemakaman :
        1. Fotocopy Surat Kematian
        2. Pengantar dari SKPD



7.  Pengurusan Izin Cuti PNS

    
Jenis-jenis Cuti PNS:
     a. Cuti Tahunan
     b. Cuti Besar
     c. Cuti Sakit
     d. Cuti Bersalin
     e. Cuti Karena Alasan penting dan,
     d. Cuti diluar tanggungan negara


      Untuk ketentuan dan syarat-syarat pengambilan cuti dapat dibaca atau didownload disini
 

 

 

FORUM TANYA JAWAB

Sri Wulandari
Pppk non guru
Assalamualaikum...maaf mau tanya utk pppk non guru yg lulus passing grade apakah nanti nya bisa mengisi formasi yg kosong utk jabatan yg sama,terimakasih
Sunday, 17 October 2021 14:21
Doddy
Kesalahan Dalam sertifikat latsar
Admin, saya telah menyelesaikan latsar dan mendapatkan sertifikat latsar tapi ada kesalahan pengetikan harusnya Ahli Pertama Guru PPKn malah jadi Ahli Pertama Guru PPkn (huruf Knya jadi kecil) apakah kedepannya bisa masalah dalam proses ke 100% PNS ?
Saturday, 16 October 2021 12:53
Rizka N Virgiana
PPPK Non Guru
Assalamualaikum.. Maaf saya mau bertanya untuk pengumuman kelulusan PPPK NON GURU kapan ya? Apakah sama dengan pengumuman kelulusan CPNS ?
Wednesday, 13 October 2021 18:12

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Semarang

Alamat :Jl.HOS Cokroaminoto No.1 Ungaran - Telp :(024) 6921127, Fax :(024) 6921004, E-mail: bkd@semarangkab.go.id